Berita

    Featured Image

    Tidak Bisa Dibuka? Kerusakan yang Biasa Terjadi Pada Pintu Mobil

    Pintu mobil merupakan salah satu bagian penting pada mobil. Bagian ini dilengkapi fitur keamanan berupa kunci pintu mobil untuk menjaga pintu tetap tertutup dengan kuat, baik itu dalam keadaan melaju ataupun tidak.

    Seiring seringnya pemakaian, pintu mobil juga berisiko mengalami kerusakan. Kerusakan apa saja yang sering terjadi pada pintu mobil? Berikut informasinya!

    5 Kerusakan yang Sering Terjadi pada Pintu Mobil

    Pintu mobil berisiko mengalami beberapa kerusakan. Mulai dari kunci pintu yang sulit dibuka, hingga sistem pintu yang tidak tegak. Di bawah ini ada beberapa masalah atau kerusakan yang biasa terjadi pada pintu mobil:

    • Kunci Pintu Mobil Tidak Berfungsi

    Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada pintu mobil adalah ketidakberfungsian sistem kunci. Ini bisa disebabkan oleh kotoran, korosi, atau bahkan kerusakan pada bagian internal kunci. 

     

    masalah pada kunci mobil

    Freepik.com

    Solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan membersihkan kunci dan lubang kunci secara teratur. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan pelumas tahan air ke bagian mekanisme kunci. 

    • Karet Pintu Aus atau Rusak

    Selain kunci pintu mobil yang tidak berfungsi, kerusakan lainnya yang mungkin terjadi yaitu karet pintu aus atau rusak.

    Faktor cuaca ekstrem, paparan sinar UV dan penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan karet pintu mobil cepat aus atau rusak. Solusi yang bisa dilakukan yaitu rutin membersihkan karet pintu dengan sabun lembut dan air.

    Selain itu, Anda juga bisa mengurangi gesekan dengan menggunakan pelumas khusus karet. Hal ini bisa membantu mencegah keausan pada karet pintu mobil. Bila karet sudah rusak atau longgar, segera ganti dengan yang baru.

    • Engsel Pintu yang Longgar atau Rusak

    Penggunaan berlebihan atau benturan yang terjadi pada kendaraan dapat menyebabkan engsel pintu menjadi longgar atau rusak. Jika dibiarkan, bisa membahayakan keselamatan penumpang atau pengemudi.

    Solusi yang bisa dilakukan yaitu periksa engsel secara berkala dan perbaiki jika ditemukan longgar atau rusak. Pastikan engsel terpasang dengan baik dan sejajar. Jangan biarkan pintu terbuka secara berlebihan, karena hal ini dapat merusak engsel.

    • Motor dan Kabel Listrik Pintu Bermasalah

    Kabel listrik yang aus, motor pintu yang rusak, atau sensor pintu yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan masalah pada sistem pembukaan dan penutupan pintu. Hal ini bisa menyulitkan Anda untuk masuk atau keluar dari mobil.

    Untuk mengatasinya, Anda bisa memeriksa kabel listrik secara berkala dan ganti yang rusak. Jangan lupa bersihkan motor pintu dan periksa apakah ada tanda-tanda keausan atau kerusakan. 

    Periksa juga sistem sensor pada pintu dan pastikan tidak ada hambatan atau kotoran yang mengganggu kinerjanya.

    • Handle Pintu Tidak Berfungsi

    Tidak hanya kunci pintu mobil, karet, engsel, dan listrik. Kerusakan lainnya yang sering terjadi yaitu malfungfsi handle pintu. Pintu yang sulit dibuka atau handle yang rusak dapat disebabkan oleh kotoran, korosi, atau keausan.

    Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Anda membersihkan handle pintu secara teratur. Berikan pelumas pada bagian pintu yang bergerak. Bila terdapat bagian yang aus atau rusak, segera ganti dengan yang baru.

    • Pintu Mobil Menggantung atau Tidak Tegak

    Masalah lainnya yang biasa terjadi pada pintu mobil yaitu pintu yang menggantung dan tidak bisa tegak. Hal ini bisa terjadi akibat engsel pintu yang rusak atau kendor. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh pengaturan kunci pintu yang tidak presisi.

    Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel terdekat agar mendapat penanganan yang sesuai.

    Beberapa kerusakan bisa saja terjadi pada pintu mobil. Mulai dari kunci pintu mobil yang tidak berfungsi, hingga pintunya yang tidak bisa tertutup rapat.