Berita

    Featured Image

    Ini Penyebab Ban Tubeless Melembung

    Masalah ban tubeless melembung cukup sering dialami dan dikeluhkan oleh pengemudi mobil. Hal ini bisa saja dipicu oleh banyak faktor dan penting sekali bagi Anda untuk mengetahuinya. 

    Saat ban melembung maka Anda tidak akan bisa berkendara dengan nyaman. Bahkan hal ini bisa memicu dampak yang sangat fatal. Mari cari tahu apa saja hal yang bisa menyebabkan ban tubeless jadi melembung dan cara mencegahnya. 

    Penyebab Ban Tubeless Melembung

    Ban menjadi salah satu komponen mobil yang sangat penting. Pastikan kondisi ban selalu prima jika Anda ingin berkendara dengan nyaman dan aman. 

    Namun dalam situasi tertentu, bisa saja ban tubeless mobil Anda melembung. Berikut ini beberapa faktor penyebab yang sebaiknya Anda waspadai. 

    • Masa Pakai Berlebihan

    Ban memiliki masa pakai tertentu dan tidak seharusnya Anda gunakan melebihi masa pakai tersebut. Jika ban sudah melewati masa pakainya, maka bisa jadi kondisi fisik ban sudah tidak bisa mendukung fungsi optimal. 

    Misalnya saja permukaan ban jadi halus namun tetap dipakai berkendara. Hal semacam ini bisa memicu munculnya benjol atau gelembung di permukaan ban yang membahayakan kendaraan Anda. 

    • Benturan pada Ban

    Gelembung pada ban tubeless juga bisa terjadi karena adanya benturan keras. Ini wajib diwaspadai jika Anda sering berkendara di jalanan dengan medan cukup menantang dan rawan benturan pada permukaan ban. 

    Sebaiknya selalu berhati-hati saat berkendara agar terhindar dari benturan keras. Selain itu Anda juga perlu memeriksa kondisi ban secara berkala untuk memastikan tidak ada benjolan kecil pada permukaan ban. 

    • Kerusakan Shockbreaker

    Penyebab lain ban tubeless melembung adalah kerusakan pada bagian shockbreaker. Peredam kejut yang tidak berfungsi normal bisa menyebabkan kemudi jadi tidak stabil dan akhirnya ban melembung karena tidak bisa berjalan mulus. 

    • Tekanan Udara yang Berlebihan

    Pastikan ban mobil Anda selalu mendapatkan tekanan udara yang pas sesuai kapasitasnya. Saat tekanan udara yang diterima mobil berlebihan, maka bisa terjadi masalah dan salah satunya adalah permukaan ban melembung. 

    Cara Mencegah Ban Melembung

    tekanan ban

    Masalah ini tentu tidak bisa dianggap sepele. Saat kondisi ban kurang prima dan melembung maka mobil Anda juga tidak bisa bekerja dengan baik. Anda pasti akan merasa kurang nyaman selama berkendara. 

    Sebaiknya lakukan beberapa cara pencegahan berikut ini agar ban tubeless mobil Anda tidak melembung. 

    • Cek Kondisi Ban secara Rutin

    Pastikan untuk selalu mengecek kondisi ban mobil secara rutin. Bisa saja ban mobil Anda sebenarnya sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau muncul benjolan kecil. 

    Jika dideteksi sejak dini maka Anda bisa langsung melakukan tindakan untuk mencegah gelembung muncul semakin besar. 

    • Berikan Tekanan Udara yang Sesuai

    Ban tubeless tidak memiliki penahan angin. Hal ini membuat Anda harus memompa angin dengan tekanan yang sesuai. Jangan sampai memompa dengan tekanan berlebih karena ban bisa lebih mudah melembung. 

    • Cek Kondisi Shockbreaker

    Telah disebutkan sebelumnya bahwa shockbreaker bisa menjadi salah satu faktor penyebab ban melembung. Pastikan untuk mengecek komponen yang satu ini secara rutin demi mencegah kondisi tersebut terjadi. 

    • Ganti Ban di Waktu yang Tepat

    Ban memiliki masa pakai jadi gunakan ban tersebut di waktu yang tepat. Jika memang sudah waktunya ganti ban maka Anda harus segera menggantinya agar performa mobil tetap terjaga dengan baik.