Berita

    Featured Image

    Ketahui, Jenis Klakson Pada Mobil!

    Kendaraan bermotor memiliki beberapa komponen penting seperti klakson mobil sebagai penunjang keamanan dalam berkendara. Komponen ini memiliki fungsi serta jenis-jenis yang perlu Anda pahami sesuai kriteria kendaraan.

    Apa Itu Klakson Mobil?

    Setiap kendaraan wajib memiliki klakson baik pada kendaraan bermotor, kereta, kapal, dan sebagainya. Klakson merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada mobil untuk menunjang keamanan saat berkendara.

    Klakson terbuat dari bahan berupa komponen besi yang dihantamkan. Oleh sebab itu, benda ini menghasilkan suara atau bunyi yang lantang dan juga keras.

    Klakson memiliki banyak variasi dengan model, bentuk, dan bunyi yang berbeda sesuai dengan tipe kendaraan masing-masing. Hal ini membuat setiap kendaraan memiliki ciri khas atau karakternya sendiri berdasarkan bunyi klakson yang dihasilkan.

    Fungsi Klakson Pada Mobil

    Setiap komponen mobil tentunya memiliki fungsi tersendiri untuk menunjang keselamatan saat berkendara. Adapun fungsi dari klakson mobil itu sendiri adalah sebagai pemberi tanda atau isyarat kepada orang lain seperti pengendara, penyebrang jalan, dan lain-lain.

    Klakson juga bisa menjadi sinyal untuk memberikan tanda saat dalam kondisi darurat. Oleh sebab itu, untuk memastikan keamanan dalam berkendara, pastikan klakson berfungsi dengan baik agar jelas didengar oleh orang lain.

    3 Jenis Klakson Pada Mobil

    Klakson pada mobil terdiri dari 3 jenis dengan fungsi dan karakteristik yang berbeda. Berikut 3 jenis klakson mobil yang perlu Anda ketahui pada kendaraan mobil.

            1. Klakson Udara

    Klakson ini biasa digunakan pada kendaraan besar seperti bus, truk, dan kereta. Sesuai dengan namanya, jenis klakson ini menimbulkan suara atau getaran yang berasal dari tekanan udara.

    Klakson ini menggunakan katup elektro pneumatik yang disebut dengan kompresor listrik atau kompresor rem angin. Sehingga, untuk menghasilkan getaran membran pada klakson, klakson udara ini tidak menggunakan magnet listrik seperti jenis klakson lainnya.

    Dibandingkan dengan klakson mobil lainnya, sistem kerja menggunakan jenis ini juga sangat cepat dan mudah. Sumber udara atau kompresor listrik yang digunakan berdekatan dengan klakson. Sehingga udara akan sampai ke klakson dan menghasilkan suara yang lantang dan keras.

            2. Klakson Arus Searah (DC)

    Klakson DC merupakan klakson listrik dengan arus searah yang digunakan untuk menghasilkan getaran membran melalui kontak pemutus. Jenis klakson ini ada yang berbentuk siput atau disebut DC spiral dan ada pula klakson DC berbentuk piringan.