Berita

    Featured Image

    Jangan Abai! Ini Pentingnya Mengetahui Fitur Keselamatan Mobil

    Jika Anda berencana untuk memiliki kendaraan roda empat, jangan lupa untuk memperhatikan apa saja fitur keselamatan mobil yang tersedia. 

    Secara umum, setiap fitur yang diciptakan bertujuan untuk meminimalisir, mengantisipasi, mengurangi, dan bahkan berupaya untuk mencegah risiko besar yang mungkin terjadi apabila kecelakaan. 

    Dengan kata lain, setiap pabrikan otomotif berupaya menghadirkan kendaraan yang seaman dan senyaman mungkin ketika dipacu di jalan raya. Lantas, fitur keselamatan apa saja yang wajib ada pada sebuah mobil? Apa fungsinya? Berikut ulasannya. 

    Fitur Keselamatan Mobil yang Perlu Dipahami 

    Walau pada umumnya setiap fitur keselamatan yang tersemat pada mobil memiliki nama atau istilah yang berbeda. Namun, semua fitur-fitur keselamatan tersebut memiliki konsep atau fungsi yang sama. 

    Beberapa istilah fitur keselamatan modern pada mobil yang penting untuk diketahui fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut: 

    • Airbag

    Fitur keselamatan pada mobil yang sudah ada pada mobil keluaran terbaru adalah Airbag. Kantung udara ini berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh manusia agar tidak terbentur secara langsung dengan bagian mobil. 

    Umumnya, setiap mobil memiliki dua buah Airbag yang terletak di bagian pengemudi dan penumpang yang duduk di depan. 

    Namun, mengingat fungsinya yang sangat penting membuat pihak pabrikan menyediakan jumlah Airbag mencapai 6-7 buah Airbag di setiap mobil.  

    • Sabuk Pengaman

    Fitur keselamatan kedua yang wajib ada pada mobil adalah sabuk pengaman (Seat Belt). Seperti halnya Airbag, pada mobil keluaran lama jumlah Seat Belt hanya dua buah saja, namun kini bertambah menyesuaikan jenis dan jumlah penumpang. 

    Fungsi dari fitur ini adalah untuk menahan tubuh agar tidak terlempar saat mobil berguncang atau terkena benturan. 

    Gerak tubuh yang terbatas dan merasa tidak nyaman membuat sebagian orang enggan untuk menggunakannya. Padahal, keberadaan Seat Belt mampu mengurangi risiko terjadinya cedera leher apabila terjadi kecelakaan. 

    • Anti Lock Braking System (ABS)

    Fitur keselamatan berikutnya yang ada pada mobil keluaran terbaru adalah rem ABS atau Anti Lock Braking System. Fitur ini sangat bermanfaat ketika harus melakukan pengereman secara mendadak.