Berita

    Featured Image

    Tombol-tombol di Dashboard Mobil ini Sangat Berguna

    Tombol-tombol di dashboard dirancang secara khusus untuk menciptakan keselamatan dan kenyamanan pengendara.  Setiap tombol mempunyai fungsi yang berbeda-beda sehingga terkadang membuat pengemudi merasa kebingungan.

    Bahkan pengendara mobil yang tidak hafal dengan fungsi-fungsi tombol di dashboard mobilnya. Hal tersebut menyebabkan fitur-fitur mobil tidak dimanfaatkan secara efisien. 

    Sebagai pengemudi Anda harus tahu fungsi dari setiap tombol agar bisa mengemudikan mobil dengan benar. Berikut rincian tombol di dashboard beserta fungsinya. 

    6 Tombol-tombol di Dashboard dan Fungsinya

    Mengendarai mobil tidak hanya tentang mengoperasikan setang kemudi, pedal gas, dan rem. Tapi juga fitur-fitur lain yang berguna untuk kenyamanan dan keselamatan selama di perjalanan. 

    Berikut beberapa jenis tombol beserta fungsinya yang harus Anda pahami mulai dari sekarang. 

    • Tombol ABS 

    Hampir semua mobil seri terbaru dilengkapi dengan fitur ABS (Anti Lock Brake System), tombol ABS umumnya diletakkan di area dashboard.

    Tombol tersebut berguna untuk mencegah rem agar tidak terkunci dan menjadi salah satu fitur keamanan yang cukup membantu pengendara. Terutama saat melakukan pengereman secara mendadak.

    • Tombol Airbag

    Fitur selanjutnya ini juga berkaitan dengan keselamatan pengendara dan penumpang, Anda dapat menekan tombol airbag saat mobil mengalami benturan keras atau kecelakaan.

    Namun, sayangnya banyak pengendara yang tidak sempat menekannya karena rasa panik. Padahal fungsi airbag atau kantung udara sangat penting untuk mencegah cedera parah saat terjadi kecelakaan. 

    • Tombol Audio

    Tombol-tombol di dashboard selanjutnya ini memang tidak berkaitan dengan keselamatan tapi berhubung dengan kenyamanan. Melalui tombol-tombol audio Anda dapat mendengarkan musik, radio, atau podcast selama di perjalanan. 

    • Tombol Lampu Hazard

    Mengaktifkan lampu hazard, yang memberikan sinyal visual kepada pengguna jalan lain bahwa kendaraan Anda berada dalam keadaan darurat atau berhenti di jalan yang tidak aman.

    tombol lampu hazard

    • Tombol Pengaturan AC

    Tombol ini memungkinkan Anda untuk mengatur sistem pendingin udara mobil, yang mencakup suhu udara, kecepatan kipas, dan distribusi udara. Berikut adalah manfaat dari tombol pengaturan AC

    • Tuas Wiper

    Saat cuaca hujan deras kaca mobil bagian depan pasti akan tertutup guyuran air, sehingga membuat pengendara tidak bisa melihat jalan dengan jelas. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda perlu menekan tombol wiper yang ada di bagian dashboard mobil. 

    Umumnya terdapat beberapa tombol wiper untuk mengatur kecepatan pergerakannya mulai dari mode lambat, cepat, normal, hingga otomatis. Mode normal berguna untuk menyeka kaca saat hujan ringan, sedangkan mode cepat untuk hujan lebat. 

    Jika ingin lebih praktis Anda bisa menekan mode otomatis agar gerakan wiper menyesuaikan dengan kondisi hujan dan kecepatan mobil. Untuk mode lambat biasanya dipakai saat membersihkan kaca dari debu dan kotoran agar kembali bersih. 

    Melalui pembahasan di atas semoga Anda lebih paham mengenai fungsi-fungsi tombol di dashboard mobil. Jika salah satu atau beberapa tombol tidak berfungsi segera lakukan pengecekan di bengkel resmi Suzuki terdekat untuk mendapat penanganan.