Berita

    Featured Image

    Tindakan Pertama Ketika Roda Mobil Masuk Lubang

    Lubang pada aspal menjadi salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pengendara mobil. Tidak jarang pula adanya lubang pada aspal akan membuat kondisi mobil rusak, terlebih lagi ketika roda masuk lubang. Karena komponen roda yang paling pertama mengalami kerusakan.

    Lalu, apa yang harus dilakukan pertama kali ketika roda mobil Anda masuk lubang di aspal yang tak terlihat? Simak ulasan artikel lengkapnya di bawah ini!

    Tindakan Pertama Saat Roda Masuk Lubang

    Ketika roda mobil masuk lubang, tentu hal tersebut bukan pengalaman yang menyenangkan. Pertama-tama, tentu Anda akan mengalami benturan yang tidak membuat nyaman. Lubang pada aspal biasanya tidak terlihat pada musim hujan, terlebih jika pengemudi tidak waspada.

    Maka dari itu, biasanya disarankan jika pengemudi mobil untuk tetap membawa mobilnya pada kecepatan yang wajar guna terhindar dari guncangan hebat karena roda mobil masuk lubang. Lalu, jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi, apa yang harus dilakukan?

    Tindakan pertama saat roda masuk lubang adalah mengontrol kemudi mobil Anda agar mobil tetap pada posisi stabil dan lurus. Tidak dapat dipungkiri jika mobil masuk lubang di aspal, maka pengemudi mengalami oleng atau lepas kendali kemudi.

    Selain itu, Anda dapat mengecek beberapa komponen roda mobil ketika menginjak lubang yang dalam. Seperti sistem suspense, tie rod end, control arm, dan sebagainya. Hal tersebut agar bagian roda Anda tidak mengalami kerusakan yang signifikan dan mobil tetap nyaman untuk digunakan.

    Melakukan tindakan setelah roda mobil masuk lubang sebaiknya dilakukan segera. Misal, Anda sudah merasakan bahwa ada yang tidak beres dan tidak nyaman pada roda mobil, maka sebaiknya Anda bawa mobil ke bengkel resmi untuk diperiksa secara menyeluruh.

    4 Potensi Kerusakan Roda Mobil Saat Masuk Lubang

    Roda mobil yang menginjak lubang yang dalam pada aspal akan membuat mobil Anda berpotensi mengalami kerusakan. Kerusakan yang dialami dapat mengganggu kenyamanan Anda berkendara. Simak 4 potensi kerusakan roda mobil yang Anda alami ketika roda masuk jalan berlubang:

    • Velg Mobil Penyok

    Pertama, komponen velg atau pelek mobil Anda akan mengalami penyok apabila roda mobil Anda masuk lubang. Hantaman yang keras pada roda ban akan berpengaruh pada velg mobil, yang mana dapat menyebabkan penyok bahkan patah.

    Jika velg mobil penyok, maka kenyamanan Anda berkendara akan terganggu dan roda mobil tidak dapat berfungsi secara optimal. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke bengkel resmi agar komponen velg dapat diperbaiki.

    • Ban Mobil Bocor

    Ban menjadi satu-satunya komponen utama yang terpengaruh hantaman ketika roda masuk lubang. Jadi, tidak heran jika ban akan menjadi komponen pertama yang mengalami kerusakan jika hantaman terjadi terlalu keras.

    Ban mobil dapat langsung mengalami kebocoran atau benjol jika terkena hantaman langsung karena roda mobil masuk lubang. Apabila hal ini terjadi pada Anda, maka cara pertama untuk mengatasinya adalah menambah angin ban yang kempis atau bocor.

    • Kaki-kaki Mobil Rusak

    Pada kondisi roda mobil yang masuk ke dalam lubang yang esktrem akan menyebabkan komponen kaki-kaki mobil akan rusak. Hal ini disebabkan bantalan yang memiliki peran untuk mengubah sudut roda mengalami kerusakan.

    kaki-kaki mobil

    Salah satu ciri kaki-kaki mobil Anda rusak adalah mobil bergerak tidak sesuai dengan kemudi. Atau lebih mudahnya, mobil Anda tidak dapat berjalan lurus sebagaimana mestinya. Maka dari itu, salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan lakukan spooring.

    • Knalpot Mobil Patah

    Komponen terakhir yang dapat mengalami kerusakan ketika roda mobil Anda masuk lubang adalah patahnya komponen knalpot. Jika hal ini terjadi, berarti Anda sudah menghantam lubang jalan yang begitu dalam dan kencang.

    Untuk mengatasi hal ini, Anda wajib membeli knalpot baru dan menggantinya. Karena jika tidak segera diatasi, potensi tenaga mobil yang terbuang sia-sia karena ada lubang kebocoran akan semakin tinggi.

    Itulah beberapa hal yang wajib Anda ketahui jika ingin mengatasi kondisi roda masuk lubang. Untuk mencegah kerusakan-kerusakan berat terjadi, sebaiknya Anda mengemudi dengan kecepatan standar dan fokus dengan jalan raya di depan terlebih ketika di musim hujan.