Berita

    Featured Image

    Ternyata Ini Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil

    Stabilizer link merupakan salah satu komponen pendukung yang penting pada mobil Anda. Komponen satu ini menyeimbangkan body mobil agar tak goyah pada bagian kaki-kaki mobil. Jika mobil tengah dilajukan, stabilizer ini bekerja menstabilkan laju mobilnya. 

    Seperti yang kita ketahui bahwa saat mobil melaju ada saja guncangan yang ditimbulkan, apalagi pada suspensi, hadirnya komponen satu ini mendukung agar suspensi bekerja dengan maksimal. Mari kulik lebih lanjut apa saja fungsi dari link stabilizer untuk kendaraan Anda!

    Apa Saja Fungsi Stabilizer Link untuk Mobil Anda?

    Saat mobil Anda melaju dengan kencang di medan yang berkelok apalagi ketika melakukan maneuver tentu terjadi goncangan. Semua dapat diredam dengan menambahkan stabilizer di komponen suspensi mobil Anda. Mobil yang limbung juga bisa diminimalisir dengan hadirnya komponen satu ini. Apa saja kah fungsinya?

    • Menghubungkan Stabilizer Bar dan Suspensi 

    Fungsi link stabilizer dapat menghubungkan stabilizer bar dengan komponen lainnya pada suspensi seperti komponen lower arm maupun shock absorber. Juga dapat menghubungkan suspensi yang ada di roda kanan dan pada roda kiri. Perlu diketahui bahwa terdapat 4 jenis sambungan stabilizer yang marak dipakai pada kendaraan. Antara lain:

            1. Link Stabilizer Tipe Blushing

    Biasanya didapati berfungsi pada suspensi tipe double wishbone. Jenis ini memakai karet bushing yang dikaitkan dengan sebuah plat di lower arm. Tugasnya menahan stabilizer agar tersambung dengan lower arm.

            2. Link Stabilizer Tipe Joint Bushing

    Tipe ini adalah jenis keduanya, fungsinya mengoneksikan antara lower arm dengan joint bushing yang dibentuk seperti sate tusuk. Seringkali dipakai untuk suspensi model MacPherson.

            3. Link Stabilizer Tipe Joint Link

    Selanjutnya, link stabilizer tipe joint link menghubungkan pada shock absorber biasa dipakai di model suspensi baik MacPherson ataupun Double wishbone.

            4. Link Stabilizer Tipe Joint Link & Bushing

    Untuk yang terakhir ialah link stabilizer tipe joint link & bushing, menghubungkan stabilizer kombinasi karet ball joint dikoneksikan langsung ke lower arm ataupun shock absorber. 

    • Membuat Stabilizer Bar Berfungsi Sebagaimana Mestinya

    Selanjutnya, fungsi yang perlu Anda ketahui dari komponen ini adalah memastikan bahwa stabilizer bar sudah melakukan kinerja yang tepat di tiap sudut roda kendaraan. Dengan memakai fungsi link stabilizer dapat memastikan bahwa komponen bernama stabilizer bar ini telah maksimal bekerja pada tiap sudut roda.