Berita

    Featured Image

    Karpet Mobil Bau? Ini Tips Mengatasinya

    Ada banyak hal yang bisa membuat pengalaman berkendara menjadi kurang menyenangkan. Salah satunya adalah karpet mobil bau. 

    Penyebab baunya bagian mobil ini pun beragam, mulai dari kondisi yang kurang terawat, kelembaban berlebih, menumpuknya kotoran hingga terkena makanan.

    Namun, tak perlu khawatir karena ada banyak tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah ini. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

    Tips Mengatasi Karpet Mobil Bau

    Karpet yang bau bisa mengganggu penumpang maupun pengendara mobil. Oleh sebab itu, masalah ini harus segera diatasi. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

    • Mencuci dengan Bersih

    Tips pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mencucinya dengan bersih. Tentu dalam melakukan hal ini, Anda perlu mengeluarkan karpet untuk membasahinya terlebih dahulu.

    Setelah membasahinya, sabun khusus karpet kendaraan roda empat bisa diberikan. Kemudian, karpet bisa disikat agar bersih dan bau tidak sedap hilang. 

    Jika proses ini telah selesai, karpet dapat dibilas dan dijemur hingga benar-benar kering. Usahakan karpet tidak terkena sinar matahari langsung saat dijemur.

    • Menggunakan Larutan Cuka

    Selain menggunakan sabun, larutan cuka juga dapat dipakai untuk membersihkan karpet. Caranya dengan melarutkan air dan cuka dalam proporsi tertentu, lalu menyemprotkannya pada karpet. 

    Setelah meresap dalam beberapa menit, Anda bisa membersihkannya dengan lap. Cuka pada larutan tersebut dapat menyamarkan bau tak sedap. Selain itu, air bisa membantu karpet agar lebih segar.

    • Memakai Vakum

    Tips lain yang bisa digunakan agar karpet tidak bau adalah memakai vakum setidaknya seminggu sekali. Vakum sendiri berfungsi untuk mengangkat kotoran hingga sisa makanan yang masih menempel pada karpet mobil.

    Gunakan vakum berdaya hisap kuat dengan nozzle kecil. Dengan demikian, seluruh kotoran di semua celah dan sudut dapat terangkat.

    • Menggunakan Pengharum

    Jika karpet sudah bersih dan dipasang seperti sedia kala, Anda bisa menambahkan pengharum pada mobil. Tujuannya agar bau tidak sedap bisa diminimalisir sehingga tak mengganggu pengendara maupun penumpang.

    Namun, pastikan pengharum mobil ini mempunyai aroma yang tak menyengat sehingga dapat membuat pusing dan mual. 

    Carilah aroma segar yang bisa membuat pengendara maupun penumpang nyaman selama di perjalanan. Anda bisa menyesuaikan aroma pengharum dengan jenis aroma favorit Anda atau anggota keluarga yang juga menggunakan mobil tersebut.

    •  Memakai Baking Soda

    Baking soda dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Selain itu, ternyata baking soda juga bisa menyerap aroma yang kurang sedap. Oleh sebab itu, Anda bisa memakainya untuk meminimalisir bau pada karpet di mobil.

    Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menaburkan baking soda secara merata. Anda bisa membiarkannya selama beberapa jam atau semalaman. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan vakum sebelum menggunakan mobil.

    • Memakai Air Purifier

    Saat ini, ada banyak jenis air purifier yang bisa ditemukan di pasaran. Bahkan, ada juga perusahaan yang memproduksi air purifier untuk digunakan di mobil. Anda pun bisa memanfaatkan teknologi ini untuk kendaraan di rumah.

    Teknologi ini dapat membuat bau pada karpet berkurang. Selain itu, air purifier juga bisa membersihkan partikel debu dan menyaring udara. 

    Supaya hasilnya semakin maksimal, Anda bisa menggunakan minyak esensial dengan aroma yang menenangkan.

    Kesimpulannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi karpet mobil bau. Oleh sebab itu, Anda tak perlu khawatir jika mengalaminya.