Berita

    Featured Image

    Simak Tips Membersihkan Roda Mobil yang Tepat

    Selama ini banyak orang yang hanya memperhatikan kebersihan body mobil saja. Padahal membersihkan roda mobil juga penting bagi penampilan mobil itu sendiri. Apalagi roda adalah bagian dari mobil yang lebih cepat kotor karena langsung bersentuhan dengan tanah.

    Cara membersihkannya pun tak bisa asal-asalan karena dapat menyebabkan roda tidak bisa bersih dengan sempurna bahkan roda bisa rusak. Oleh sebab itu, simak tips di bawah ini agar roda mobil Anda terlihat menawan setelah dibersihkan.

    Cara Membersihkan Roda Mobil yang Benar

    Beberapa cara di bawah ini mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Oleh sebab itu, perhatikan ulasan berikut ini dengan baik-baik agar Anda tidak salah.

    • Pilih Bahan yang Lembut

    Roda mobil sebetulnya sangat sensitif karena mudah tergores. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa menggunakan bahan kasar untuk menggosok roda mobil Anda.

    Pilihlah sikat dengan bulu halus atau spons busa yang besar untuk menggosoknya. Bila terdapat daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau seperti velg, Anda bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus untuk menggosoknya.

    Hal serupa juga berlaku ketika Anda ingin mengelap roda mobil setelah dicuci. Gunakanlah kain atau kanebo yang lembut dan halus untuk meminimalisir goresan.

    • Menggunakan Dua Ember

    Kebanyakan orang berpikir bahwa hanya perlu satu ember saja untuk mencuci mobil, termasuk membersihkan roda mobil. Padahal cara ini tidak efektif karena bisa membuat roda mobil Anda kotor lagi.

    Maka dari itu, gunakanlah dua ember atau wadah lainnya ketika mencuci roda mobil Anda. Satu ember digunakan untuk mencuci, satu ember lagi digunakan untuk membilas.

    • Diamkan Cairan Pembersih atau Sabun Sejenak

    Jika Anda menggunakan cairan pembersih atau sabun untuk mencuci roda dan velg mobil Anda, diamkanlah sejenak cairan tersebut sebelum dibilas agar dapat cairan tersebut dapat membersihkan kotoran yang membandel terlebih dahulu.

    • Mencuci dan Mengelap Dari Atas ke Bawah

    Ketika Anda mencuci roda mobil Anda, arahkan air dari atas ke bawah. Hal ini bertujuan agar air menetes ke bawah dan kotoran tak lagi menempel dan tidak menabrak bagian lain yang sudah dibersihkan.

    Hal serupa juga sebaiknya dilakukan setelah selesai mencuci karena Anda perlu untuk mengelap roda dan velg mobil Anda agar segera kering. Oleh sebab itu, Anda perlu mengelapnya dari atas ke bawah.

    • Menggunakan Wax untuk Roda