Berita

    Featured Image

    Penjelasan Sebab dari Setir Mobil Oblak

    Setir mobil oblak tidak hanya mengganggu kenyamanan saat berkendara, tetapi juga berbahaya bagi pengemudi dan penumpang mobil. Pasalnya, setir merupakan kemudi yang membantu pengendara untuk mengendalikan mobil tersebut di jalanan.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga performa setir agar tetap dalam kondisi aman. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengetahui hal apa saja yang dapat menyebabkan setir goyang. Berikut penjelasan lebih lengkapnya!

    Penyebab Setir Mobil Oblak

    Setir yang oblak akan terasa tidak stabil pada saat dikemudikan. Tentunya, hal ini bisa membahayakan diri selama berkendara. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan setir mobil goyang, di antaranya:

    • Cross Joint Propeller Shaft Macet

    Propeller shaft merupakan bagian yang berfungsi untuk mengirim tenaga menuju gardan dari transmisi. Biasanya, hal ini terjadi pada mobil dengan penggerak roda belakang. 

    Tenaga yang dihasilkan akan terus berubah sesuai dengan kondisi permukaan jalan. Sementara itu, cross joint dapat menggerakan ujung propeller dengan fleksibel. Bila komponen ini rusak, setir mobil akan goyang ketika dikemudikan. 

    Umumnya, kerusakan ini terjadi akibat komponen tersebut kurang pelumas atau sering terendam oleh air. Solusi yang dapat dilakukan yaitu servis mobil ke tempat tepercaya dengan segera.

    • Engine Mount Rusak

    Hal lainnya yang dapat merusak setir mobil oblak yaitu adanya kerusakan pada engine mount. Kondisi ini dapat mengakibatkan getaran pada mesin sehingga setir pun menjadi bergoyang saat mobil dikendarai. 

    Engine Mount Rusak

    Secara umum, engine mount ini berperan sebagai penahan mesin agar tetap berada di posisinya. Biasanya, komponen ini rusak akibat kecelakaan di bagian depan dengan kondisi yang cukup parah. 

    Oleh karena itu, penting bagi Anda yang suka membeli mobil bekas untuk memperhatikan komponen ini. Tujuannya, agar mobil lebih aman ketika dikendarai nanti.

    • Link Stabilizer Kurang Presisi

    Link stabilizer merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk menjaga mobil tetap seimbang. Komponen ini berbentuk batang besi panjang yang terletak di bawah kendaraan.

    Bila terjadi kerusakan pada komponen ini, Anda mungkin akan mendengar suara “gluduk-gluduk” pada saat melalui jalanan rusak atau berlubang. Tentunya hal ini dapat memengaruhi performa setir mobil. 

    Oleh karena itu, pastikan link stabilizer telah terpasang dengan posisi yang benar. Jangan sampai terdapat kerusakan atau perubahan posisi pada komponen tersebut. Jika terdapat kerusakan, segera ganti komponen tersebut dengan yang baru.

    • Sistem Pengereman Bermasalah

    Penyebab selanjutnya yang dapat menyebabkan setir mobil goyang yaitu adanya masalah pada sistem pengereman. Bila sistem ini bermasalah, dapat memunculkan gejala seperti setir yang tidak stabil saat berhenti terasa keras saat mengerem.

    Kampas rem yang aus akan memiliki daya cengkram yang kurang maksimal saat proses pengereman. Kondisi ini dapat menyebabkan mobil terasa tidak stabil pada saat melaju di jalanan berlobang atau saat berhenti.

    Cakram rem yang tidak rata dapat mengakibatkan getaran pada saat terjadi pengereman. Dalam kondisi tertentu, hal ini dapat memengaruhi setir mobil. Selain itu, fluida rem yang tidak prima juga dapat menyebabkan hal yang sama.

    Untuk memperbaiki kondisi ini, Anda dapat melakukan pemeriksaan atau perawatan secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memeriksa komponen rem yang sudah aus atau mengalami kerusakan.