Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

    Apakah mobil Anda tiba-tiba sudah dihidupkan setelah distarter berkali-kali? Mungkin cara jumper aki mobil ini dapat membantu. Pasalnya, besar kemungkinan mobil tersebut mengalami masalah pada aki yang sudah soak habis dimakan usia. 

    Cara jumper aki hampir sama pada setiap jenis mobil. Untuk dapat melakukannya, pastikan Anda telah memiliki seperangkat kabel jumper di mobil. Selain itu, Anda juga harus mencari mobil normal yang sejenis dengan mobil yang mogok. Selanjutnya, mari simak informasi berikut!

    Langkah Mudah Jumper Aki Mobil yang Benar

    Jumper aki dilakukan dengan tujuan untuk memancing aki yang soak agar bisa bekerja kembali. Itu sebabnya mengapa Anda membutuhkan mobil lain yang sejenis sebagai ‘pendonor’ bagi aki yang soak. Untuk langkah selengkapnya, telah kami susun dalam beberapa poin di bawah ini.

    • Persiapkan Peralatan Jumper Aki

    Langkah pertama yang harus dilakukan untuk jumper aki tentunya ialah mempersiapkan semua peralatan yang akan digunakan. Adapun alat yang dibutuhkan yaitu hanya kabel jumper dan aki dari mobil lain yang masih normal. 

    Aki yang masih normal akan memiliki voltase dalam kondisi baik. Agar lebih optimal, sebaiknya pilih aki dari mobil yang sejenis. Biasanya, mobil yang sejenis akan dilengkapi dengan aki bernilai voltase sama.

    • Atur Posisi Mobil

    Setelah semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap, selanjutnya yaitu silakan atur posisi mobil Anda. Posisikan mobil agar jaraknya cukup dekat dengan lokasi aki donor. 

    Pada saat proses jumper aki mobil berlangsung, pastikan mobil berada dalam posisi diam. Untuk mobil bertransmisi manual, Anda bisa mengatur transmisi dalam mode netral. Sementara itu, untuk mobil bertransmisi otomatis, Anda bisa mengaturnya dalam mode P atau parkir. 

    Agar lebih pakem, Anda bisa mengaktifkan rem tangan sehingga mobil akan tetap dalam posisinya. Selanjutnya, pastikan sistem kelistrikan dalam kondisi mati. Cabut seluruh kontak untuk memastikan sistem kelistrikan mati. Jangan lupa buka kap mobil dan cek aki mobil.

    • Hubungkan Jumper pada Kedua Kabel Aki 

    Selanjutnya, gunakan kabel jumper berwarna merah untuk menghubungkan kedua aki. Bentuknya serupa dengan kabel biasa, hanya saja memiliki penjepit pada kedua ujungnya.