Berita

    Featured Image

    Kenali Cara Coating Mobil Sendiri, Hemat Tanpa Perlu ke Bengkel

    Setiap orang tentu ingin mobil miliknya memiliki kondisi yang prima baik dari luar maupun dalam. Tak hanya merawat mesin dan komponen-komponennya saja, Anda juga perlu memberikan perhatian khusus terhadap penampilan luar mobil tersebut. 

    Terdapat banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat penampilan mobil, salah satunya yaitu dengan cara coating mobil. Dengan cara ini, mobil Anda akan selalu terlihat paripurna, mengkilap seperti baru. 

    Apa Itu Coating Mobil? 

    Coating merupakan proses menambahkan lapisan di atas cat mobil yang bertujuan untuk cat mobil agar lebih tahan lama dan tetap mengkilap. Coating sendiri dapat Anda lakukan di bengkel maupun di rumah. 

    Anda dapat mendatangi bengkel kepercayaan untuk melakukannya. Namun perlu diingat, meskipun Anda mempercayakan proses coating kepada pihak bengkel, Anda juga perlu tetap mengetahui cara coating yang baik dan benar sehingga dapat menilai kinerja bengkel tersebut. 

    Apabila Anda ingin menghemat biaya, coating di rumah tentu menjadi pilihan yang sangat tepat. Namun, untuk melakukan coating di rumah, pastikan untuk mengetahui cara yang benar, peralatan dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, dan hal-hal yang perlu dihindari. 

    Cara Coating di Rumah yang Baik dan Benar

    Jangan sampai, niat hati ingin menghemat biaya, malah membuat mobil Anda rusak. Berikut ini cara yang tepat untuk coating mobil di rumah: 

    • Bersihkan Mobil/Washing

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan mobil Anda terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran seperti debu atau kotoran lainnya. Gunakan air dan sampo khusus mobil agar semua kotoran dapat terangkat. 

    Setelah selesai, Anda perlu mengeringkan seluruh bagian mobil terutama bagian bodi. Pastikan tidak ada bagian yang masih basah atau lembab. Karena apabila masih terdapat bagian yang basah atau lembab, akan mengganggu bahkan berdampak buruk pada saat proses coating. 

    • Double Washing 

    Untuk memastikan mobil terbebas dari kotoran, Anda perlu melakukan pembersihan untuk kedua kalinya. Namun bedanya, kali ini Anda tidak perlu menggunakan air dan sabun, cukup menggunakan kain yang lembut saja. 

    Perhatikan lap yang Anda gunakan, jangan sampai menggunakan lap yang kotor atau berdebu. Jika sampai Anda menggunakan lap dalam kondisi kotor, memungkinkan kotoran tersebut menghambat proses coating atau bahkan merusak bodi mobil. 

    • Gunakan Wax