Berita

    Featured Image

    Kenali Berbagai Macam Fungsi Wiper Pada Mobil

    Wiper memiliki fungsi untuk membersihkan kaca mobil di bagian depan serta belakang. Wiper juga berfungsi agar pengendara mendapatkan penglihatan terbaik saat berkendara di kondisi hujan. 

    Untuk mengaktifkan wiper di kaca depan atau belakang Anda harus menggunakan  tuas yang ada di belakang setir. Pada tuas ini Anda bisa mengontrol fungsi wiper di kaca depan dan wiper di kaca belakang.

    Tuas wiper juga dibekali sejumlah simbol yang mewakili sejumlah fungsi atau kerja wiper. Yuk kenalan dengan beberapa simbol di tuas wiper mobil dan penjelasan cara pakainya.

            1. Mist

    Simbol atau tulisan Mist ini biasanya ditaruh di paling atas. Mist adalah komponen pada wiper yang penggunaannya dimaksudkan hanya sekali sapuan setiap kali diaktifkan.

    Untuk mengaktifkannya dari posisi OFF Anda hanya perlu menggeser tuas wiper ke atas satu kali saja. Setelah itu begitu dilepas tuas akan kembali ke posisi OFF. Mist biasa digunakan jika kondisi hujan yang ringan atau hanya ada ada titik-titik air hujan di kaca depan.

            2. Intermitten

    Fungsi pada wiper satu ini biasanya ditulis dengan simbol "INT" yang merupakan singkatan dari Intermitten. Mode ini berfungsi untuk kondisi air hujan yang belum bersih atau titik-titik air yang jatuh di kaca depan belum cukup banyak untuk dihapus dengan sapuan wiper pada mode paling lambat sekalipun. Untuk pengoperasiannya, Anda tinggal geser tuas wiper dari OFF ke posisi INT.

    Saat mode intermitten  ini bekerja  wiper akan bergerak menyapu kaca depan dalam kecepatan tertentu. Hanya ada beberapa mobil yang dibekali fitur pengatur kecepatan intermitten. Ciri pengaturan intermittent ini adalah tanda segitiga yang dibagi dalam beberapa kotak. Semakin besar kotak berarti semakin lama pula interval wiper bekerja. Cara mengaturnya biasanya dengan memutar switch di ujung tuas pengoperasian wiper.

            3. LO dan HI

    Fungsi LO dan HI berfungsi untuk pengaturan wiper yang bergerak terus-menerus tanpa adanya jeda. Perbedaan yang signifikan antara LO dan HI ada pada kecepatan usapan wiper. 

    Kecepatan usapan wiper pada posisi HI menandakan gerakan yang lebih cepat dipanding posisi LO. Posisi LO digunakan ketika kondisi hujan yang sedang, sedangkan ketika hujan sudah sangat deras dan penglihatan mulai berkurang, gunakan posisi HI untuk kecepatan yang maksimal.