Berita

    Featured Image

    Kenali Apa Itu Spooring & Balancing

    Istilah spooring & balancing mengacu kepada perawatan kendaraan mobil Anda. Karena kebutuhan perawatan mobil wajib untuk dilakukan secara rutin atau berkala. Banyak pengendara yang belum mengerti bahwa perawatan spooring dan balancing sangat penting.

    Perawatan spooring dan balancing berfokus pada kaki-kaki mobil, yang mana menjadi aspek vital yang wajib untuk rutin diperiksa. Perlu Anda ketahui bahwa istilah spooring dan balancing berarti perawat kaki mobil agar dapat lebih nyaman untuk dikendarai.

    Mengenal Lebih Jelas Spooring & Balancing

    Jika di atas sudah dijelaskan secara singkat mengenai spooring dan balancing, maka selanjutnya Anda perlu mengenal lebih jelas apa itu perawatan spooring dan balancing. Beberapa pakar kendaraan mengatakan bahwa istilah spooring dan balancing memiliki arti yang berbeda.

    Hanya saja, keduanya sama-sama menjadi istilah perawatan kaki-kaki mobil. Pertama, spooring memiliki arti perawatan kaki mobil yang berfokus pada pelurusan kembali keempat roda mobil seperti awal. Tujuannya, agar roda mobil mengalami balancing atau keseimbangan.

    Maka dari itu, dapat dikatakan jika istilah balancing mengacu pada langkah lanjutan dari spooring. Proses balancing artinya membuat kaki-kaki roda mobil lebih seimbang perputarannya. Tujuannya agar ketika dikendarai, kaki-kaki mobil dapat lurus, seimbang dan nyaman.

    Tanda Jika Spooring dan Balancing Perlu Dilakukan

    Jika Anda sudah mengenal istilah spooring & balancing, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui tanda-tanda kapan mobil Anda wajib untuk dilakukan perawatan tersebut. Karena jika mobil tidak seimbang kaki-kakinya, akan terdapat gejala tertentu yang dialami oleh pengemudi.

    Apabila dibiarkan maka mobil akan menurun performa dan kemananannya. Terdapat beberapa tanda-tanda yang dapat Anda ketahui ketika ada yang bermasalah pada spooring dan balancing, yaitu:

            1. Tanda Pada Ban Mobil

    Tanda pertama yang wajib Anda kenali ketika memerlukan perawatan spooring dan balancing paling jelas terdapat pada ban mobil. Jika keadaan ban mobil Anda sudah rata atau aus pada permukaannya, maka wajib untuk dilakukan perawatan.

            2. Kondisi Ban yang Selalu Miring

    Ketika Anda memarkir mobil, Anda dapat melihat kondisi ban apakah lurus dengan sempurna atau tidak. Kondisi ban yang selalu miring merupakan salah satu tanda agar Anda melakukan perawatan spooring dan balancing.