Berita

    Featured Image

    Ini Ternyata Penyebab Velg Mobil Anda Retak

    Permasalahan pada mobil memang harus diketahui faktor yang membuat komponen tersebut bermasalah agar bisa segera diatasi. Begitu pula dengan mengetahui penyebab velg mobil retak yang perlu dipahami agar bisa diperbaiki.

    Memang apa saja faktor yang menyebabkan keretakan velg? Lebih baik jangan lewatkan pembahasan menarik berikut untuk mengetahui informasinya!

    7 Penyebab Velg Mobil Retak

    Velg mobil yang telah rusak sebenarnya sulit untuk diperbaiki dan tidak bisa kembali seperti semula. Namun, untuk mengidentifikasi masalah tersebut, ada beberapa penyebab yang bisa membuat velg mobil rusak. Ini dia daftarnya:

    • Usia Pakai

    Usia pemakaian sangat berpotensi tinggi menyebabkan velg mengalami keretakan. Hal ini dikarenakan velg mobil memiliki jangka waktu pemakaian seperti komponen kendaraan lainnya.

    Seiring bertambahnya usia pemakaian velg, tentu performa kinerjanya akan menurun dari segi ketahanan dan kualitasnya itu sendiri.  Tanda dari masalah ini bisa dilihat di mana kendaraan terkena guncangan keras ketika membawa beban di perjalanan.

    • Kualitas Bahan

    Kualitas bahan pada dasar pembuatan velg sangat mempengaruhi performanya dalam jangka panjang. Misalnya, bahan dasar yang digunakan memiliki kualitas yang rendah, tentu akan mempengaruhi ketahanan velg itu sendiri.

    Bahan dasar dengan kualitas rendah beresiko membuat velg mudah retak. Maka dari itu, penting untuk memilih komponen berkualitas tinggi agar terhindar dari kerusakan.

    • Kondisi Jalan

    Penyebab velg mobil retak secara tiba-tiba bisa terjadi juga karena kondisi jalan yang buruk. Contohnya seperti melintasi jalan berlubang baik ketika di daerah pedesaan, perkotaan, maupun lalu lintas tol.

    jalan berlubang dan rusak

    Selain itu, melintasi jalan dengan kecepatan terlalu tinggi juga bisa menyebabkan keretakan pada velg. Peluang resiko ini bisa terjadi akibat terjadinya benturan keras akibat menghantam gundukan jalan.

    • Beban Lebih

    Kondisi velg yang rusak biasanya dipicu juga karena kebiasaan pengendara yang selalu memuat beban secara berlebihan. Seperti yang diketahui, setiap mobil memiliki kapasitas beban maksimal yang berbeda.

    Namun terlalu sering membawa beban lebih akan mempengaruhi ke bagian velg mobil itu sendiri. Itu sebabnya, pengemudi tidak dianjurkan mengangkut barang atau penumpang melebihi dari kapasitas maksimum kendaraan.

    • Kondisi Ban Buruk

    Penyebab lainnya dari velg mobil retak adalah karena kondisi ban mobil yang kurang baik. Hal ini yang menyebabkan kualitas velg mobil pun semakin berkurang.

    Selain itu, profil ban yang tidak sesuai dengan aturan pabrik atau tipe kendaraannya juga bisa membuat keretakan pada velg mobil. Hal ini dikarenakan profil bannya yang tidak bisa melindungi velg ketika terjadi benturan.

    • Tekanan Udara

    Hal yang menyebabkan keretakan pada velg mobil selanjutnya adalah faktor dari tekanan udara pada ban. Misalnya seperti tekanan udara ban yang terlalu kencang atau kempes.

    Sebab, ban kempes bisa membuat velg rusak ketika membentur gundukan atau lubang jalan yang keras. Hal ini membuat velg mudah retak dan mengalami kerusakan cukup parah.

    • Trotoar atau Pembatas Jalan 

    Tidak hanya karena lubang atau gundukan saja, trotoar dan pembatas jalan juga bisa menjadi penyebab keretakan pada velg mobil Anda. Ini bisa terjadi jika mobil melewati batas maksimal sisi jalan samping ban.

    Akibatnya, mobil melintasi jalan terlalu rapat bahkan menyentuh pembatas jalan. Maka dari itu, untuk terus mengawasi area sekitar mobil agar tidak merusak komponen kendaraan seperti velg mobil.