Berita

    Featured Image

    Ini Kelebihan Menggunakan Oli Asli dan Resmi

    Dalam melakukan perawatan kendaran, penting untuk Anda mengetahui manfaat menggunakan oli asli untuk menjaga performa mesin. Hal ini dikarenakan bahwa oli adalah komponen pelumas yang paling penting untuk kendaraan dan secara berkala wajib untuk diganti. 

    Lantas, apa saja manfaat yang ditawarkan oleh oli? Untuk mengetahui jawabannya, lebih baik jangan lewatkan informasi berikut!

    Manfaat Menggunakan Oli Asli

    Di pasaran, banyak beredar oli palsu yang dapat merusak performa mesin. Untuk menghindari itu, pastikan Anda selalu memakai oli asli yang direkomendasikan pabrik atau dealer resmi dari merek kendaraan yang dibeli. 

    Sebab, ada manfaat dari memakai oli asli untuk kendaraan. Berikut adalah empat manfaat yang bisa diperoleh:

    • Kualitas yang Sudah Terjamin

    Oli asli telah melewati proses produksi serta uji kelayakan yang cukup ketat dengan standar berkualitas tinggi. 

    Bahkan, sebelum dipasarkan oli juga sudah melalui screening dari quality control hingga dinyatakan layak untuk digunakan dan dipasarkan. 

    Maka, menggunakan oli yang asli, kualitas pun sudah terjamin. Mesin kendaraan juga akan terjaga performanya. 

    Pasalnya, oli asli yang resmi pasti sudah dirancang khusus sesuai kebutuhan masing-masing kendaraan yang dikeluarkan oleh produsen. 

    • Performa Kendaraan Makin Optimal

    Ada beberapa kendaraan dengan performa tinggi. Kendaraan ini akan lebih optimal performanya bila menggunakan oli asli. Pasalnya, oli asli akan dapat menahan suhu tinggi yang dikeluarkan oleh mesin. 

    Manfaat menggunakan oli asli akan dapat terlihat pada performa akselerasinya yang lebih responsif, sistem pengendaliannya menjadi lebih optimal, serta daya yang dikeluarkan pun lebih besar. 

    • Masa Pakai Lebih Lama

    Pelumas yang asli akan memiliki masa pakai lebih lama daripada oli palsu. Dengan begitu, interval penggantian yang perlu Anda lakukan pun akan lebih jarang. 

    Selain itu, oli asli memiliki sifat anti-aus sehingga mesin maupun komponen kendaraan lainnya akan lebih andal dan efisien ketika dijalankan. Masa pakai mesin dan komponen pun akan bertambah. 

    • Efisiensi Penggunaan Bahan Bakar

    Oli asli akan memberikan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar. Sebab, pelumas ini akan mengurangi gesekan yang berlebihan antar komponen di dalam mesin. 

    oli resmi membuat lebih hemat bahan bakarFreepik.com

    Dengan begitu, biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian bahan bakar pun akan lebih hemat. Bahan bakar pun lebih tahan lama ketika digunakan untuk menempuh perjalanan jarak pendek maupun jauh. 

    Kelebihan Oli Resmi Suzuki Ecstar

    Untuk Anda yang memiliki mobil Suzuki, pastikan menggunakan oli resminya bernama Ecstar. Sebab, pelumas berkualitas ini sudah memiliki spesifikasi SAE OW-20 SN yang diakui oleh API (American Petroleum Standard). Selain itu, kelebihan dari pemakaian oli resmi Ecstar adalah: 

    • Irit Bahan Bakar

    Oli Ecstar mengandung Molybdenum yang dapat mengurangi terjadinya gesekan pada komponen mesin, sehingga dapat meringankan kinerja mesin sehingga bahan bakar yang digunakan akan lebih irit. 

    • Memberi Perlindungan pada Mesin

    Oli Ecstar yang diproduksi oleh Suzuki mampu menjaga kestabilan suhu mesin. Dengan begitu, mesin akan mendapatkan perlindungan secara menyeluruh, bahkan ketika kendaran baru saja dinyalakan. 

    • Masa Pakai Oli Lebih Lama

    Manfaat menggunakan oli asli Ecstar membuat kondisi mesin menjadi lebih bersih daripada oli lainnya. Dengan begitu, usia mesin akan lebih tahan lama. 

    Efek lainnya, usia komponen lain juga akan bertambah lama dan performa kendaraan akan semakin efisien dan andal. 

    Jadi, setelah mengetahui manfaat menggunakan oli asli, masih ingin menggunakan oli palsu yang tidak jelas bagaimana proses produksi dan kualitasnya?