Berita

    Featured Image

    Selain Luas Ini Aspek Mobil Keluarga yang Harus Diperhatikan

    Memilih mobil keluarga bukan hanya berpatokan pada ruang kabin dan bagasi yang luas, melainkan ada beberapa faktor penentu lainnya. Mulai dari segi kenyamanan, keberadaan fitur yang tersemat, hingga keefisienan bahan bakar juga patut dipertimbangkan. 

    Sebab, semua itu akan memengaruhi pengalaman Anda dalam berkendara. Agar tidak salah pilih, berikut berbagai aspek yang harus diperhatikan dalam memilih mobil untuk keluarga. 

    Tips Menentukan Mobil Keluarga yang Tepat dan Nyaman

    Meskipun ada banyak varian kendaraan di pasaran, namun tidak semua tipe cocok dijadikan sebagai alat transportasi untuk Anda sekeluarga. Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan saat akan membeli mobil yang bisa menampung seluruh anggota keluarga.

    1. Perhitungkan Jumlah Anggota Keluarga dengan Kapasitas Kendaraan

    kapasitas ertiga luas

    Pertimbangan paling utama tentunya adalah ukuran mobil yang akan dibeli. Pastikan mobil tersebut memiliki kapasitas ruang kabin dan bagasi yang luas sehingga mampu menampung seluruh anggota keluarga beserta barang bawaan. 

    1. Perhatikan Fitur yang Tersemat

    Tips yang kedua adalah memilih kendaraan untuk keluarga yang dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang yang canggih dan modern, antara lain: 

    • Fitur Keselamatan

    Sebelum memilih, pastikan mobil incaran memiliki berbagai fitur keselamatan yang mampu memberi perlindungan secara ekstra untuk semua penumpang saat berkendara. 

    Fitur-fitur keselamatan tersebut antara lain sabuk pengaman, ABS (rem anti terkunci), ESC (sistem kontrol stabilitas), airbag, sensor parkir, pengaman anak pintu, dan kamera mundur. 

    Untuk mobil keluaran terbaru biasanya dilengkapi juga dengan fitur keselamatan tambahan berupa Emergency Braking System (sistem pengereman darurat) dan Collision Warning System (sistem pemberitahuan tabrakan).   

    • Fitur Kenyamanan

    Selain fitur keamanan, mobil pilihan Anda juga harus mampu memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang. 

    Untuk itu, pastikan desain interior mobil ergonomis, ruang kabin yang senyap dan lega, serta memiliki kualitas suspensi dan tempat duduk yang empuk. 

    Selain itu, beberapa fitur kenyamanan yang perlu diperhatikan diantaranya adalah tersedianya kualitas AC yang sejuk, adjustable headrest, dan adjustable car seat. 

    • Fitur Hiburan

    Fitur berikutnya yang tak kalah penting adalah fitur hiburan. Sebab, keberadaan fitur ini akan membuat perjalanan Anda dan keluarga terasa semakin menyenangkan serta tidak membosankan. 

    Beberapa fitur hiburan yang wajib ada pada mobil keluarga adalah sistem audio dengan kualitas terbaik, radio, TV dengan layar monitor yang mudah diakses, sistem navigasi, dan konektivitas seperti USB, bluetooth, dan WiFi. 

    1. Pertimbangkan Efisiensi Bahan Bakar

    Mobil dengan kapasitas ruang yang besar tentunya membutuhkan bahan bakar yang besar pula. Meskipun demikian, hal tersebut tidak membuat Anda sembarang memilih kendaraan untuk keluarga. 

    Dengan kata lain, jangan ragu untuk memilih mobil yang hemat bahan bakar yaitu dengan cara memastikan kendaraan tersebut memiliki memiliki mesin dengan tingkat efisiensi yang tinggi serta ramah lingkungan. 

    1. Mengetahui Kapasitas Mesin

    Berkaitan dengan efisiensi bahan bakar, kapasitas mesin juga perlu dipertimbangkan saat akan membeli mobil. Sebagai informasi, semakin besar kapasitas mesin mobil maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan. 

    Selain itu, besarnya kapasitas mesin juga akan memengaruhi harga mobil serta konsumsi bahan bakar. Untuk itu, sebaiknya pilihlah mobil dengan kapasitas mesin yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian  

    1. Pertimbangkan Jenis Mobil dan Sistem Transmisi

    Tips berikutnya adalah memilih mobil berdasarkan jenis dan sistem transmisinya. Anda bisa memilih mobil dengan jenis MPV, Minivan, atau SUV sedangkan untuk transmisinya bisa memilih antara transmisi manual atau yang otomatis.

    1. Pertimbangkan Biaya Perawatan dan Suku Cadang

    Tips yang terakhir adalah mempertimbangkan biaya perawatan mobil, biaya perbaikan, dan ketersediaan suku cadangnya. 

    Sebab, memiliki kendaraan pasti membutuhkan ketiga hal tersebut sehingga bisa menjadi beban finansial yang sangat besar apabila salah memilih. 

    Berdasarkan semua tips yang telah diuraikan sebelumnya, semua itu bisa ditemukan pada mobil dari merek yang terpercaya seperti Suzuki.