Berita

    Featured Image

    Pentingnya Pemahaman pada Material Body Mobil dan Jenisnya

    Selain memahami seluk beluk sistem kerja mesin, sebagai pengendara Anda juga wajib memahami tentang body mobil. Bodi yang menyusun mobil terdiri dari beberapa material di antaranya baja, aluminium, serat karbon, dan plastik.

    Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda-beda, sehingga diperuntukkan khusus untuk bagian tertentu. Temukan penjelasan selengkapnya tentang jenis-jenis material bodi mobil pada pembahasan berikut!

    4 Material Body Mobil yang Wajib Dipahami

    Desain bodi merupakan salah satu aspek penting yang sering dijadikan acuan sebelum membeli sebuah mobil. Namun jangan fokus pada tampilan karena fungsi utamanya untuk melindungi pengendara dari hujan, sinar matahari, bahkan dari kecelakaan. 

     

     Material Body Mobil yang Wajib Dipahami

    Pexels.com

    Itu sebabnya pemilihan jenis material bodi menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan mobil yang ideal. Agar tidak salah pilih sebaiknya pahami dahulu jenis-jenis material bodi mobil beserta kelebihan dan kekurangannya. 

    • Aluminium

    Aluminium identik sebagai material alat-alat rumah tangga karena sifatnya yang ringan, mudah dibentuk, dan anti karat. Tapi jangan salah, aluminium juga banyak dipakai sebagai bahan pembuatan bodi mobil.

    Ini karena daya tahannya cukup baik dan bobotnya tergolong ringan, sehingga mampu meningkatkan akselerasi mobil dengan baik. 

    Sifatnya yang ringan juga membuat beban mobil menjadi lebih enteng, hal tersebut tentu dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar. 

    Namun sayangnya harga mobil yang menggunakan bodi dan rangka aluminium cenderung lebih mahal. Maka tak heran jika bodi aluminium hanya dipakai untuk jenis kendaraan mewah. 

    • Baja

    Material yang paling umum dipakai sebagai bahan pembuatan body mobil adalah baja karena sifatnya kuat, tahan lama, mudah dibentuk, dan harganya lebih murah dari aluminium. 

    Mobil yang menggunakan bodi baja biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau. 

    Namun dibalik kelebihannya bodi berbahan baja cenderung lebih berat, sehingga mengurangi tingkat akselerasi mobil dan lebih boros bahan bakar. Baja juga termasuk material yang mudah berkarat dan keropos jika tidak dirawat dengan baik.

    • Plastik

    Sekitar 50 persen mobil keluaran terbaru di seluruh dunia mulai menggunakan bodi berbahan plastik. Alasannya karena bobotnya ringan, harganya murah, dan mudah dibentuk. Kelebihan tersebut mempermudah produsen mobil menciptakan kendaraan dengan harga terjangkau.

    Mobil berbodi plastik memiliki bobot yang sangat ringan sehingga lebih hemat bahan bakar dibanding material lainnya. Saat terjadi kerusakan pada bagian bodinya Anda dapat memperbaiki dengan mudah karena harga sparepart-nya jauh lebih murah. 

    Meskipun memiliki banyak kelebihan, nyatanya banyak orang yang ragu membeli mobil berbodi plastik karena alasan keselamatan. 

    Tidak dipungkiri material plastik tergolong cukup ringkih, sehingga tidak dapat melindungi pengendara dengan baik saat terjadi kecelakaan. 

    • Serat Karbon

    Jika mencari bodi mobil yang ringan dan kuat mungkin material serat karbon jawabannya. Serat karbon lebih ringan dari aluminium namun memiliki kekuatan yang jauh lebih baik dari plastik. 

    Bahan serat karbon sangat sulit didapat sehingga tidak semua produsen mobil menggunakannya. Selain itu harganya juga tergolong cukup mahal sehingga hanya dipakai untuk jenis mobil sport kelas atas.  

    Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap material bodi mobil memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Suzuki bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mencari kendaraan ideal untuk mobilitas sehari-hari.