Berita

    Featured Image

    Mengenal Fungsi Sekring Mobil, Jenis, dan Cara Kerjanya

    Kontrol sistem kelistrikan yang ada pada mobil adalah sekring. Masalah yang kerap terjadi ketika mobil mogok atau tak berfungsi optimal adalah sekring mobil yang terputus.

    Berikut ini adalah pembahasan mengenai fungsi sekring. Apa saja jenis-jenisnya dan bagaimana benda ini dapat menjadi komponen vital pada kendaraan Anda.

    Apa Saja Fungsi Sekring Mobil?

    Jika Anda bertanya-tanya apa fungsi benda kecil warna-warni ini pada mobil. Sudah pasti bahwa tugasnya adalah memutus aliran listrik yang berlebihan pada mobil. Sekring disebut juga fuse juga menjadi salah satu komponen pengaman kebakaran bagi mobil Anda. 

    Sekring akan menyalurkan energi listrik ke komponen elektronik lain yang ada di dalam mobil. Ia dapat mencegah terjadinya kelebihan arus listrik dan menimalisir kongslet pada listrik dan elektronika mobil Anda.

    Kenali Jenis-Jenis Sekring 

    Anda dapat membedakan sekring melalui bentuk dan warnanya. Biasanya terdapat beberapa macam bentuk sekring yang Anda temui pada mobil.

    • Sekring Tipe Cartridge (Sekring Tabung)

    Betuknya seperti botol dengan bahan metal terletak pada kedua ujungnya. Sementara area tengahnya dibuat transparan dan berbahan glass. Kebanyakan dipakai pada mobil keluaran pabrik Eropa di tahun 1980-an.

    • Sekring Tipe Blade (Sekring Tancap)

    Bentuk ujungnya pipih dengan cara pasang yang ditancapkan. Selain itu, sekring tancap ini masih harus dibedakan berdasarkan warna dengan kapasitas amperenya.

    Warna cokelat kekungingan sebanyak 5 Ampere, cokelat sebanyak 7.5 Ampere, merah sebanyak 10 Ampere, biru sebanyak 15 Ampere, kuning sebanyak 20 Ampere, warna bening dengan 25 ampere sementara hijau kapasitas 30 Ampere.

    • Sekring Kotak

    Agak mirip dengan tipe blade, memiliki berbaga warna pula dengan kapasitas ampere yang beragam. Hal yang membedakan sekring kotak dan sekring tancap adalah dimensinya yang lebih besar.

    Berikut kapasitas sekring kotak: merah muda dengan 30 Ampere, hijau 40 Ampere, warna merah 50 Ampere, hitam 80 Ampere sementara biru ada 100 Ampere.

    Cara Kerja Sekring Mobil

    Sebagai komponen yang bertugas untuk mengamankan arus kelistrikan pada mobil. Cara kerja sekring adalah otomastis ditentukan oleh muatan arus listrik yang terjadi.

    Jika muatan arus listrik melebihi kapasitas ampere, sekring akan bekerja mengamankan dengan memutus aliran listrik agar tak terjadi kongslet atau potensi kebakaran kabel.