Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter.

    Mobil tidak bisa distarter atau sulit dinyalakan adalah salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pengemudi. Masalah ini umumnya paling sering terjadi pada mobil yang jarang digunakan.

    Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengetahui kemungkinan penyebabnya terlebih dahulu. Berdasarkan kemungkinan penyebab tersebut, barulah bisa dicari solusi yang paling tepat sesuai akar permasalahannya.

    Berikut 6 Kemungkinan Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

    Mulai dari masalah pada sistem starter hingga masalah pada aki, ada banyak hal yang bisa mempengaruhi mobil sehingga menjadi sulit untuk distarter. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya:

    • Busi Mobil Bermasalah

    Busi adalah komponen yang membantu mesin mobil untuk menyalakan bahan bakar. Sehingga, busi yang kotor atau rusak dapat menjadi penyebab mobil menjadi sulit di-starter.

    Jika busi kotor atau rusak, bahan bakar tidak akan terbakar dengan benar sehingga mesin menjadi sulit untuk dinyalakan. Tanda-tanda busi kotor atau rusak antara lain mesin mobil mengeluarkan asap putih dan suara mesin terdengar tidak stabil.

    • Relay Starter Rusak

    Rusaknya sistem relay starter mobil akan membuat kendaraan menjadi sulit dinyalakan. Salah satu tandanya adalah saat kendaraan dinyalakan, dinamo starter tidak berputar atau akan terdengar bunyi “cetek”.

    Salah satu dampak utama dari rusaknya komponen relay starter mobil adalah mesin tidak bereaksi atau tidak merespon saat distarter. Biasanya, masalah ini juga berkaitan dengan kerja dinamo yang terlalu berat dan terus dipaksa.

    • Alternator Rusak

    Alternator biasa juga disebut sebagai dinamo, yaitu komponen yang menghasilkan listrik untuk baterai mobil dan sistem elektronik lainnya. Jika alternator rusak, baterai mobil tidak bisa diisi dengan daya listrik yang cukup untuk memulai mesin mobil.

    Jika komponen ini rusak, maka dampaknya adalah mobil tidak bisa distarter meski akinya masih berada dalam kondisi baik. Biasanya, masalah pada komponen dinamo starter ini terjadi jika usia pakai mobil sudah terlalu lama, misalnya lebih dari 8 tahun.

    • Aliran Bahan Bakar Tidak Lancar

    Setiap kendaraan bermotor, termasuk mobil membutuhkan bahan bakar yang dialirkan dari tangki mesin supaya bisa menyala. Sehingga jika alirannya tidak lancar atau tidak terdistribusi sempurna, maka mesin menjadi sulit untuk dinyalakan.