Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Cek Nomor Rangka Mobil Online

    Cek nomer rangka mobil adalah suatu hal yang wajib dilakukan, terlebih untuk Anda yang hendak membeli kendaraan tersebut dalam kondisi bekas. Hal ini penting agar Anda benar-benar tahu apakah mobil tersebut sudah resmi terdaftar atau belum.

    Saat ini, pengecekan nomor rangka mobil dapat dilakukan secara online. Agar dapat melakukan pengecekan, Anda hanya perlu mengakses situs website resmi SAMSAT, dengan cara menggunakan nomor rangka yang berada di STNK. 

    Di situs tersebut, Anda akan menemukan sejumlah informasi penting mulai dari data kendaraan, kondisi kendaraan dan yang lainnya. 

    Mengapa Harus Cek Nomor Rangka Mobil?

    Nomor rangka mobil merupakan 17 deret kombinasi huruf dan angka yang mampu membuktikan keaslian dari kendaraan tersebut. 

    Selain itu, nomor ini dapat digunakan untuk melakukan pengecekan di kantor polisi agar memastikan jika mobil tersebut bukan mobil curian, hasil pasar gelap maupun modifikasi. 

    Jika pemilik mobil terbukti menggunakan kendaraan illegal tersebut, dapat dipastikan pemilik akan berisik terjerat masalah hukum. Tidak hanya itu, nomor rangka juga menjadi syarat membayar pajak mobil. 

    Bila tidak terdapat nomor rangka yang valid, nantinya proses pembayaran pajak akan terkendala. Lantas. Dimana dapat menemukan nomor rangka ini? umumnya, setiap pabrikan akan menempatkan nomor rangka di lokasi berbeda-beda. 

    Contohnya untuk model monokok, lokasi nomor rangka ini berada di bawah jok kursi bagian depan. Sedangkan, pada mobil sasis, nomor rangka ini umumnya berada di bangku sasis yang dimilikinya. 

    Bila ketika melihat nomor rangka, Anda mendapatkan kode MHF yang berada di depannya. Ini berarti mobil tersebut merupakan produksi Indonesia. Tetapi, bila kode yang didapatkan bukan MHF, kendaraan tersebut adalah produksi luar negeri. 

    Cara Cek Nomer Rangka Mobil

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perkembangan teknologi memang memberikan kemudahan, termasuk memudahkan kita untuk mengecek nomor rangka secara online. 

    Bila ingin mengecek secara manual, Anda harus datang mengunjungi kantor polisi serta membawa sejumlah berkas dan surat pengecekan nomor rangka. 

    Namun, saat ini semua dapat dilakukan online. Bila Anda tinggal di Jakarta, serta menggunakan plat B, pengecekan nomor rangka mirip dengan mengecek pajak, yaitu menggunakan aplikasi cek ranmor & pajak Jakarta. Untuk melakukan cek nomer rangka mobil, berikut langkahnya:

    • Install aplikasi tersebut di handphone Anda.
    • Login dengan menggunakan akun Google. Bila belum mempunyai akun, Anda dapat melakukan Sign In dahulu. 
    • Ketika Sign In, Anda nantinya akan diminta untuk memasukkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan, serta plat nomor kendaraan. NIK yang nantinya dimasukkan harus sesuai dengan data dari pemilik kendaraan. 
    • Klik cari, menggunakan ikon kaca pembesar yang berwarna biru. 
    • Kemudian, Anda akan melihat berbagai informasi yang berkaitan dengan nomor rangka kendaraan, pajak kendaraan, nomor polisi kendaraan dan yang lainnya.