Berita

    Featured Image

    Setir Mobil Anda Terkunci? Tenang! Ini Cara Mengatasinya

    Anda pasti pernah mengalami momen kebingungan dimana setir mobil terkunci. Ini menyebabkan Anda jadi tidak bisa menggerakkan setir ke arah mana pun. Nah, di saat mengalami situasi seperti ini, tetap tenang dan pikirkan langkah tepat untuk mengatasinya.

    Jika Anda adalah paham tentang dunia otomotif, terutama tentang mobil, Anda mungkin bisa mengatasinya langsung dengan cara membongkar setir. Tapi, bagaimana jika Anda adalah seorang awam? Anda bisa baca artikel ini.

    Beberapa Cara Atasi Setir Mobil Terkunci

    Ini bukan sebuah dongeng. Setir mobil bisa saja terkunci tanpa diduga, terutama pada mobil yang dibekali sistem keamanan pada setirnya. Nah, jika terjadi setir mentok atau terkunci, Anda bisa lakukan beberapa cara berikut ini.

    Masukkan Kunci ke Kontak

    Pertama, masukkan kunci ke tempat pengapian layaknya Anda hendak menghidupkan mobil. Lalu, putarlah kunci tersebut. Apabila mobil nyala, maka kunci dan silinder pengapian telah berfungsi dengan baik.

    Putar Kunci Perlahan

    Apabila kunci sulit diputar, tekan kunci dengan lembut ke arah biasa Anda memutarnya. Jangan dipaksa jika kunci masih macet sebab bisa menyebabkan kunci rusak bahkan patah.

    Dan, apabila setelah ditekan dengan ringan kunci masih tak bergerak, hentikan saja. menerapkan kekuatan ekstra bisa jadi tidak membantu. Di situasi seperti ini, lebih baik cari cara atau pendekatan yang lebih baik dan aman.

    Tekan Setir Mobil

    Setir terkunci umumnya disebabkan karena sebuah pin di salah satu sisinya. Ketika ini terjadi, setir sudah mencapai batas putaran maksimal ke arah pin itu, sehingga ia sulit bergerak ke arah yang berlawanan.

    Untuk mengatasinya, tentukan arah dimana setir sulit bergerak, lalu putar ke arah berlawanan sambil memegang dengan tangan lain ketika Anda mencoba memutar kunci pengapian.

    Gunakan Pelumas

    Cara lain untuk atasi kondisi ini adalah dengan menggunakan pelumas. Cara ini efektif jika terdapat karat atau kotoran pada salah satu bagian dalam setirnya.

    Alasan Mengapa Setir Mobil Bisa Terkunci

    Sejatinya, situasi setir mobil yang susah digerakkan karena terkunci adalah bagian dari mekanisme keamanan kendaraan. Kendati demikian, ada penyebab lain yang mungkin membuat setir mobil Anda terkunci secara mendadak. Mari kita telusuri alasannya!

    Power Steering Pump Mati

    Pompa ini memungkinkan kita untuk mengarahkan mobil ke kiri atau kanan dengan keluwesan. Jika pompa power steering rusak, Anda akan sulit mengendalikan setir. Pompa akan terasa berat dan sulit diputar. 

    Hal ini disebabkan kebiasaan mematikan mesin mobil secara tiba-tiba. Nah, kami sarankan segera hentikan kebiasaan tersebut agar fungsi setir normal dan optimal.

    Kunci Mobil Kotor

    Kerusakan pada kunci mobil itu bisa saja jarang terjadi. namun, tetap diperlukan perawatan rutin. 

    Pexels.com

    Debu dan kotoran yang menempel pada kunci bisa mengakibatkan setir mobil terkunci secara tidak sengaja. Oleh karena itu, lakukan pembersihan yang rutin pada kunci Anda agar fungsinya tetap optimal.

    Kebiasaan Menyetir yang Tidak Baik

    Gaya mengemudi yang buruk, terutama saat di tikungan, bisa menyebabkan kerusakan setir mobil. Kebanyakan pemilik mobil tidak menyadari bahwa fitur keamanan tertentu telah disertakan dalam desain kendaraan mereka.

    Satu di antaranya adalah mekanisme kunci setir yang bekerja saat mesin mati atau kunci telah dicabut. 

    Apabila dalam kondisi itu, setir diputar sekitar 50 hingga 60 derajat ke salah satu arah, mekanisme ini secara otomatis mengunci setir demi meningkatkan keamanan.