Berita

    Featured Image

    Ban Tubeless atau Ban Biasa? Ini Perbedaannya

    Secara umum, ada dua tipe ban yang biasanya digunakan pada mobil. Dua jenis ban mobil tersebut ialah ban tubeless dan ban tubetype atau yang biasa disebut juga dengan ban biasa.

    Sebelum menentukan penggunaan ban pada mobil, maka ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu tentang perbedaan dari kedua tipe ban mobil tersebut. Jika sudah memahami, nantinya Anda akan bisa menentukan ban mana yang sekiranya cocok digunakan untuk mobil Anda.

    Artikel ini akan membahas tentang hal-hal apa saja yang membedakan antara ban jenis tubeless dengan ban jenis biasa. Ikuti uraian berikut ini untuk mendapatkan pembahasan lebih detailnya!

    Perbedaan antara Ban Tubeless dengan Ban Biasa

    Sebelum membahas lebih lanjut, Anda patut ketahui terlebih dahulu tentang pengertian dari ban jenis tubeless dan ban jenis tube type

    Jadi ban jenis tubeless, sesuai dengan namanya, merupakan ban yang desainnya tidak memiliki bagian dalam. Sementara ban jenis tube type merupakan jenis ban yang didesain menggunakan ban dalam.

    ban tubeless vs ban biasa

    Freepik.com

    Ada beberapa faktor yang membedakan ban jenis tubeless dengan ban biasa. Pada poin ini akan dikupas tentang 5 perbedaan dari dua jenis ban yang biasanya digunakan oleh sebuah mobil tersebut. Ini dia daftarnya:

    • Faktor Material

    Faktor pertama yang membedakan dua jenis ban ini, yaitu ada pada aspek materialnya. Meski umumnya terbuat dari karet, ban jenis tubeless tidak menggunakan ban dalam. Maka untuk mempertahankan kerapatan ban, digunakan lapisan fluid sealant. 

    Sementara itu, ban biasa tidak menggunakan lapisan tersebut dikarenakan sudah terdapat ban dalam.

    • Faktor Ketahanan

    Tidak hanya bagian materialnya saja yang berbeda, aspek ketahanan ban juga menjadi faktor yang membedakan kedua jenis ban tersebut.

    Ketahanan dari ban jenis tubeless umumnya lebih unggul dari jenis ban yang biasa. Berhubungan dengan material yang digunakan, dengan adanya lapisan fluid sealant, ban jenis tubeless ini akan lebih tahan digunakan untuk berbagai jenis medan.

    Sementara pada jenis ban biasa, kemungkinan untuk mengalami kebocoran cenderung lebih tinggi apabila mobil melewati jalanan yang kasar dan berbatu.

    • Faktor Komponen

    Selanjutnya yang juga membedakan ban jenis tubeless dengan ban biasa ialah bagian komponennya. Komponen pada ban tubeless cenderung lebih sederhana, yaitu hanya tersusun dari komponen ban dan velg.

    Sementara untuk jenis ban biasa, komponennya cenderung lebih kompleks. Ada sekitar 5 komponen penting pada ban jenis tube type, mulai dari velg, ban dalam, ban luar, lock ring, dan flap.

    • Faktor Kenyamanan

    Apapun jenis bannya, salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan ban untuk digunakan berkendara ada pada tekanan anginnya.

    Sebagai contoh apabila kondisi ban memiliki tekanan angin yang kencang, jenis ban biasa masih lebih nyaman digunakan. 

    Hal ini berbanding terbalik dengan ban jenis tubeless yang tentunya membuat perjalanan menjadi tidak nyaman apabila tekanan anginnya kencang.

    • Faktor Harga

    Beralih ke faktor harga, dengan kualitas yang ditawarkan, ban jenis tubeless dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Sementara untuk jenis ban biasa, harga yang membanderolnya cenderung lebih rendah.

    Itulah poin-poin yang menjelaskan tentang faktor-faktor pembeda dari dua jenis ban biasa dengan ban jenis tubeless.